4 Tips Teliti Membeli Sepatu Nike Original

Nike adalah salah satu brand sepatu yang paling terkenal di seluruh dunia. Bagaimana tidak, hampir semua orang bisa mengenali nama atau produk brand ini berdasarkan logonya saja. Hal ini sudah membuktikan seberapa terkenal Nike dalam dunia sepatu dunia. Karena popularitasnya inilah, ada cukup banyak produk yang meniru, baik design, warna maupun elemen yang ada dalam sepatu Nike. Agar Anda tidak sampai kecolongan, ini dia tips teliti membeli sepatu Nike original:

  • Cek Situs Tempat Membeli

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghindari terjerat dari sepatu palsu adalah cek situs tempat membeli. Pembeli diharapkan bisa memeriksa ulasan dan peringkat situs web tersebut. Ulasan dan peringkat situs web yang buruk merupakan tanda jelas bahwa situs web tersebut tidak menjual produk asli. Anda tentunya patut curiga dengan hal ini. Meski demikian, ada beberapa situs web mungkin disetel untuk hanya menampilkan ulasan pembeli yang baik. Anda juga harus memeriksa komentar di blog pembeli atau komentar di video blog yang suka membeli produk Nike. Tempat membeli sangat penting untuk menentukan apakah produk tersebut original atau tidak.

  • Paham Istilah Jual Beli Sepatu di Toko Online

Bila Anda membeli sepatu di toko online, pastikan bahwa Anda benar-benar tahu istilah jual beli yang digunakan disana. Singkatnya, sepatu olahraga hanya dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu original atau diproduksi secara resmi oleh pabrik yang memenuhi standar kualitas tertentu dan replika. Replika adalah produk hasil dari produksi ilegal yang berbeda dengan bahan dan kualitas asli. Sampai sini, Anda pasti sudah paham kemana arah pembicaraan ini.

Replika inilah yang banyak diberi istilah dan bisa membingungkan pelanggan yang notabene orang awam. Anda harus menghindari istilah yang mencurigakan dan hanya membeli dari toko yang mengklaim bahwa produknya Original.

  • Memeriksa Detail Sepatu

Sepatu yang Original Nike menggunakan kemasan kardus sepatu yang sesuai dengan model sepatunya. Kotak sepatu itu sendiri berisi beberapa informasi penting, seperti SKU atau nomor seri produk, ukuran, model sepatu dan kode batang. Berbeda dengan versi aslinya, Nike KW biasanya dikemas langsung dengan plastik, atau tidak ada kemasan sama sekali. Dari sini, Anda sudah bisa membedakannya dengan mudah.

Karton asli dibubuhi stiker importir, metode perawatan, dan stempel kendali mutu. Bila Anda tidak menemukan detail ini dalam sepatu yang Anda beli, maka besar kemungkinan sepatu tersebut adalah replika.

  • Mengenal Istilah Lain dari Original

Tidak hanya replika yang punya beberapa istilah, ada juga istilah lain selain original pada produk asli Nike. Pertama, sepatu Nike original terdapat nama sepatu Nike grade Ori yang artinya kurang dari satu grade dibandingkan dengan barang aslinya. Produk ini sebenarnya adalah produk dengan ciri khas sepatu Nike asli, akan tetapi ciri dari sepatu Nike grade Ori ini ada cacatnya. Oleh karena itu, tidak dapat diklasifikasikan sebagai sepatu Nike asli.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara membedakan sepatu Original dari Nike dan replikanya. Bila Anda memang ingin membeli yang original, akan lebih aman apabila Anda membelinya langsung di toko offline maupun online yang resmi. Mereka bisa memberikan jaminan dan juga garansi yang sesuai dengan pusat Nike di luar negeri. Jadi, apakah Anda tertarik untuk membeli jenis sepatu Nike ini? Jangan sampai salah pilih ya.