5 Manfaat Menyusui ASI Ekslusif Untuk Bayi Dan Ibu

5 Dampak Buruk Kurangnya Ilmu Parenting dalam Rumah Tangga

Tentunya setiap ibu ingin memberikan segala hal yang terbaik untuk tumbuh kembang pada bayinya, termasuk dengan asupan nutrisi dan vitaminya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan ASI secara ekslusif, dengan memberikan ASI ekslusif tentunya sang ibu harus menjaga produksi kualitas ASI yang diberikan itu baik dan bergizi. Tak hanya itu saja, memberikan ASI secara ekslusif tentunya mempunyai manfaat yang telah terkandung di dalam ASI tersebut, dan menyusui ASI secara ekslusif juga dapat menghemat biaya. Nah, untuk lebih lanjutnya berikut ini ada beberapa manfaat dari menyusui ASI secara ekslusif untuk bayi dan ibu yang dikutip dari website parenting di indonesia:

1. Melindungi Bayi Dari Kuman

Di dalam saluran cerna bayi mulai dihuni oleh bakteri setelah beberapa jam lahir, dengan pemberian ASI secara ekslusif dapat membuat saluran cerna bayi tersebut dihuni oleh bakteri baik. Selain itu, ASI juga mengandung protein yang dapat berfungsi untuk melindungi bayi dari infeksi kuman. Dengan adanya protein tersebut dapat mengurangi angka kematian bayi yang disebabkan oleh penyakit seperti radang paru-paru, serta dapat mempercepat proses penyumbatan.

2. Menyediakan Nutrisi Yang Lengkap

Bayi yang diberikan ASI oleh ibunya, dapat terpenuhi akan nutrisi yang lengkap sampai usianya 6 bulan. Selain itu kandungan di dalam ASI juga mempunyai beberapa vitamin dan mineral seperti air, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, sel-sel darah putih, enzim, dan asam amino. Dengan adanya nutrisi-nutrisi yang terkandung di dalam ASI, tentunya tidak memerlukan lagi tambahan makanan lainnya. Dan kandungan di dalam ASI juga bisa bermanfaat untuk mencegah anak-anak terkena penyakit, penyakit-penyakit tersebut antara lain adalah penyakit asma, obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular saat dewasa.

3. Menjamin Asupan Yang Higienis Dan Aman

Dengan menyusui ASI secara langsung atau eksklusif bisa menjamin kehigienisan asupan yang dikomsumsi oleh bayi tersebut. Berbeda halnya dengan bayi yang diberikan susu formula, susu formula memiliki rantai produksi yang panjang dan susu formula juga rentan tercemar oleh bakteri dari air dan botol susu yang tidak bersih. Selain itu, bagi ASI perah sebaiknya ibu harus memperhatikan standar kebersihan alat dan juga harus memperhatikan cara penyimpanan agar tetap layak untuk diminum oleh anak anda.

4. Membuat Bayi Tumbuh Dengan Sehat Dan Cerdas

Tak hanya dapat melindungi bayi dari kuman  dan menyediakan nutrisi yang lengkap, ternyata di dalam ASI juga terkandung asam lemak yang bermanfaat untuk perkembangan otak dan juga dapat membantu dalam perkembangan sendorik dan kognitif pada bayi. Selain itu dengan memberikan ASI secara ekslusif sangat penting pada 6 bulan pertamanya, hal ini dikarenakan perkembangan otak pada anak terjadi paling pesat pada umur 5 tahun pertama dalam hidupnya.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Estrogen merupakan salah satu pemicu yang dapat menyebabkan kanker. Sehingga bagi ibu yang menyusui ASI secara ekslusif tentunya dapat mengurangi risiko terkena kanker Rahim dan kanker panyudara. Dengan menyusui ASI secara ekslusif, sel-sel payudara rutin memproduksi ASI bisa kecil kemungkinan untuk terjadi penyimpanan kinerja sel. Selain itu juga, ibu yang menyusui juga mempunyai kadar hormone yang lebih rendah dan mengakibatkan berkurangnya frekuensi menstruasi.

Nah itulah 5 manfaat menyusui ASI secara ekslusif bagi bayi dan ibu, semoga informasi di atas bisa bermanfaat. Selain itu juga bagi ibu menyusi yang memiliki masalah dalam hal menyusui seperti jumlah ASI yang sedikit atau ASI tidak lancar, sebaiknya segera untuk berkonsultasi ke dokter terdekat.