Bandingin Kredit HP Samsung A12 Pakai Kredivo vs Indodana di Tokopedia

Buat kalian yang lagi nyari layanan credit HP tanpa DP, udah tau belum kalo ada cara mudah membandingkan cicilan HP dengan berbagai layanan fintech di e-commerce? Iya, jadi nggak perlu daftar atau punya akun fintechnya dulu. Kita bisa ngeliat simulasi cicilan di e-commerce dari produk yang dipilih untuk tahu mana fintech kredit yang bisa ngasih best deal.

Misalnya kayak saya yang pengen credit HP tanpa DP Samsung Galaxy A12. Saya langsung meluncur ke Samsung Official Store yang ada di Tokopedia buat nyari ketersediaan HP mid-level yang dirilis akhir Desember 2020 lalu ini. Kebetulan, stoknya masih ada dan ready to buy. Contohnya gambar di bawah ya: 

Di etalase Samsung Galaxy A12 tersebut ada detail yang menyebutkan “Promo Kredivo”. Pas saya lanjut scroll ke bawah, saya langsung nemuin opsi pembayaran/cicilan dengan pay later dan kartu kredit. Tampilannya seperti gambar di bawah ini: 

Yang ada di pikiran saya saat ngeliat simulasi cicilan dengan fintech/pay later di atas adalah: ada tiga fintech yang ngasih simulasi cicilan paling rendah yaitu pertama BRI Ceria, kedua Kredivo, dan ketiga Indodana. 

Kredivo dan Indodana, sama-sama menawarkan opsi tenor 3, 6, dan 12 bulan untuk kredit HP Samsung Galaxy A12. Sementara BRI Ceria punya opsi tenor 1/3/6/9/12 bulan. Yang menariknya, ada keterangan tambahan juga yang menyatakan bunga 0% berlaku untuk pilihan pembayaran ini. 

Berhubung saya nggak punya rekening BRI yang menjadi salah satu syarat pendaftaran BNI Ceria, perbandingan yang saya lakuin jadi mengerucut spesifik hanya ke Kredivo dan Indodana. Apa bedanya?

Bedanya Limit dan Suku Bunga Kredit KrediFazz vs Indodana

Rules untuk bisa pakai cicilan pay later atau tanpa kartu kredit di Tokopedia dan e-commerce lainnya adalah kita perlu punya akun atau terdaftar lebih dulu di salah satu aplikasi cicilan tersebut. Kalo ngeliat simulasi angsuran di atas, Kredivo punya angsuran lebih rendah dibanding Indodana. Nah, ini nggak lepas dari suku bunga yang dimiliki masing-masing fintech. 

Di Kredivo, suku bunga cicilan yang berlaku adalah 2,6% dengan pilihan tenor 3, 6, dan 12 bulan. Sementara di Indodana, tingkat suku bunganya berkisar mulai 4% sampai dengan 6% dengan pilihan tenor yang sama dengan Kredivo. Dari segi limit, Kredivo dan Indodana juga bersaing nih. Di mana Kredivo bisa kasih limit s.d Rp 30 juta maksimal, sedangkan Indodana di angka Rp 25 juta.

Bedanya Syarat Daftar Akun Kredivo dan Indodana

Bukan cuma beda dari segi limit dan suku bunga, syarat pendaftaran Kredivo dan Indodana juga cukup berbeda. Kalo kamu tertarik daftar dan pakai Kredivo, kamu harus:

  1. Merupakan WNI dengan usia minimal 18 tahun atau maksimal 60 tahun. 
  2. Memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri. 

Kalo tertarik pakai Indodana, maka kamu harus: 

  1. Merupakan WNI dengan usia di atas 21 tahun atau di bawah 50 tahun saat masa pelunasan pinjaman. 
  2. Punya pekerjaan tetap. 
  3. Punya akun bank dan internet banking pribadi. 
  4. Punya BPJS Ketenagakerjaan dan akun e-commerce. 
  5. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya. 

Selanjutnya, tinggal download aja aplikasi Kredivo atau Indodana di Google Play Store atau App Store untuk melakukan pendaftaran. Apabila pendaftaran sudah disetujui dan menerima limit dari Kredivo atau Indodana, barulah kita bisa melakukan transaksi kredit di berbagai merchant rekanan keduanya. Salah satunya Tokopedia ini. 

Promo Cicilan 0% di Tokopedia Berlaku untuk Cicilan dengan Kredivo

Kabar baiknya buat kita-kita yang mau credit HP tanpa DP ini, Kredivo lagi ngejalanin promo cicilan 0% di Tokopedia dan berbagai e-commerce lainnya. Cuma dengan minimum pembelanjaan sebesar Rp 1 juta dan tanpa uang muka. Cicilan 0% ini berlaku untuk tenor 3 bulan atau 6 bulan dengan menggunakan Kredivo. Ada biaya administrasi juga yang harus dibayarkan sesuai pilihan tenor: 3% untuk tenor 3 bulan dan 6% untuk tenor 6 bulan. 

Dengan cicilan 0%, kalo saya mau kredit HP samsung Galaxy A12 seharga Rp2.499.000 selama 6 bulan, maka kurang lebih simulasinya menjadi: 

  1. Harga Samsung Galaxy A12 sebesar Rp2.499.000. 
  2. Biaya administrasi 6% atau sebesar Rp149.940.
  3. Total transaksi Rp2.648.940. 
  4. Angsuran per bulannya menjadi kurang lebih sebesar Rp441.490 selama 6 bulan. 

Menarik banget, kan?