Berbagai Aktivitas Anak Usia 3 Tahun

Ciri Elephant Parenting

Anak usia 3 tahun sedang mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang pesat dalam memahami berbagai hal. Anak usia 3 tahun harus anda perhatikan dengan benar agar terarah kea rah yang lebih benar. Jadi jangan alihkan tangan anda ke pengasuh atau orang lain untuk anak usia 3 tahun. Anda sebaiknya berhenti memntingkan gadget dan mulai fokus melakukan berbagai hal dan aktivitas yang asyik untuk anak usia 3 tahun. Anak usia 3 tahun di masa ingin melakukan banyak hal. Mereka suka sekali tantangan. Jadi buat berbagai aktivitas di rumah yang asyik. Apa saja? Berikut berbagai aktivitas yang bisa anda lakukan bersama anak usia 3 tahun seperti yang dilansir oleh OKEMOM.

  • Memainkan Puzzle Atau Balok

Aktivitas pertama yang bisa anda ajarkan untuk anak usia 3 tahun adalah dengan memainkan balok. Balok adalah aktivitas yang asyik dan bisa jadi edukasi untuk membuat anak anda menyusun balok menjadi bangunan atau berbagai bentuk. Belikan berbagai bentuk balok yang ada agar anak menjadi kreatif. Anda juga bisa membelikan puzzle. Puzzle akan melatih otaknya untuk berfikir dimakan yang tepat. Nah puzzle dengan berbagai gambar yang unik dan karakter kartun yang anak anda suka banyak sekali dijual. Baik di toko belanja online atau di toko mainan juga ada.

  • Memainkan Playdough

Playdough bisa sekali melatih sensori anak. Jadi anda bisa beli berbagai playdough yang banyak diual. Playdough ini mempunya bentuk yang memang bisa dibuat apa saja. Jadi melatih imajinasi dan juga kreatif anak anda playdough sangat tepat. Anda bahkan bisa membuat sendiri playdough di rumah. bahan yang digunakan hanya tepung dan air hangat. Jadi anda adonkan tepung dan air hangat menjadi adonan yang kalis. Nah tambahkan pewarna makanan untuk menciptakan berbagai warna.

  • Menghitung Mainan Yang Dimiliki

Cara membuat anak anda cerdas dan aktivitas yang sudah bisa dilakukan anak usia 3 tahun adalah dengan menghitung mainan. Menghitung mainan yang dimilikinya bisa menjadi dasar. Jadi anda buat jejer mainannya di lemari lalu suruh anak anda untuk menghitungnya. Selanjutnya sesuaikan dengan warna mainan dan hitung lagi berdasarkan warna. Tentunya sebelumnya anda sudah memberi tahu atau mengenalkan angka pada anak anda. dalam mengenalkan angka anda bisa lakukan dengan asyik.

  • Membuat Hiasan Pada Kartu

Kartu disini memang sedikit jadul. Sudah tidak ada lagi orang yang menggunakan kartu ucapan kecuali dalam memberikan kado. Nah anda bisa mengajarinya untuk menghias kartu. Kartunya sendiri bisa dibuat sendiri juga. jadi misalnya anda siapkan karton lalu anda siapkan beberapa hiasan yang bisa ditempel. Hiasannya dapat berupa biji jagung, bunga kering, daun kering atau juga dari origami. Jadi buat bintang dari origami lalu tempelkan pada kartu. Biarkan anak anda menempel sendiri.

  • Meperkenalkan Warna Dan Bentuk

Aktivitas yang terakhir ini juga bisa anda lakukan dengan menyenangkan. Jadi anda bisa membeli mainan edukasi yang berupa kotak kayu kemudian anda lubang sesuai bentuk. Kemudian suruh anak anda memasukkan bentuk sesuai dengan lubang bentuknya. Mainan ini banyak sekali dijual di berbagai toko online. Selain itu juga anda bisa membuat kereta dari berbagai bentuk dan kemudian anda buat bentuk untuk ditempel pada kereta. anda juga bisa sambil mengenalkan warna dengan warna yang ada pada balok bentuk tersebut.