Cara Memasang Sistem Perpipaan di Kamar Mandi dan Rekomendasi Pipa PCV Alderon

Apabila anda sedang membangun atau merenovasi rumah dan ingin menghemat biaya, anda bisa coba untuk memasang sistem pipa dan perabot kamar mandi sendiri. Caranya juga cukup mudah, untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

  1. Tentukan Penempatan Perabot Kamar Mandi
  2. Pertama pastikan bahwa posisi bak mandi atau pancuran, dan wastafel serta jamban. Soalnya, hal ini akan menentukan penempatan sistem saluran air.
  3. Nantinya anda harus membuat lubang di lantai untuk disambungkan ke pipa. Maka dari itu, sangat penting untuk menentukan posisi perabot kamar mandi secara akurat.
  4. Lalu tentukan dan tandai semua titik yang akan anda potong dan lubangi.
  5. Untuk memastikan ketepatannya anda bisa coba ukur lagi.
  6. Setelah itu lakukan pemotongan dan buat lubang di posisi yang telah anda tentukan. Ingat pastikan anda sudah melakukan persiapan sebelum mematikan air di rumah supaya tidak mengalami kekeringan.
  7. Matikan Air
  8. Sebelum melakukan pemasangan pipa, anda harus menutup aliran air kamar mandi terlebih dahulu. Carilah posisi keran saluran air ke kamar mandi dan tutup keran.
  9. Pasang Pipa Saluran Air
  10. Bagi yang mempunyai kamar mandi standar, anda membutuhkan 5 saluran air yang meliputi dua pasang saluran air panas dan dingin untuk bak mandi/pancuran dan wastafel, serta saluran air dingin untuk jamban.
  11. Anda bisa letakkan saluran air melalui dinding atau di atas lantai, tergantung dengan lokasi kamar mandi anda.
  12. Kemudian pasang pipa fleksibel guna menyambungkan saluran air dingin dan panas dengan keran bak mandi dan wastafel.
  13. Untuk menghaluskan pipa tembaga, gunakan kertas pasir, lalu patri pipa dengan saluran air utama.
  14. Sambungkan Saluran Pembuangan
  15. Dalam hal ini, anda membutuhkan ukuran pipa pembuangan yang berbeda untuk kamar mandi. Yakni saluran pembuangan untuk jamban berdiameter 3 inci (7,62 cm) atau 4 inci (10,16 cm). Sesudah memasang pipa ke saluran pembuangan jamban, posisi pipa harus menurun ke arah saluran pembuangan utama. Sedangkan untuk pipa pembuangan wastafel, gunakan pipa berukuran 1,5 inci (3,81 cm) dan untuk bak mandi gunakan pipa ukuran 2 inci (5,08 cm).
  16. Pasang Jamban

Biasanya jamban ini terdiri dari 2 bagian, yakni tangki air dan bagian dudukan. Pertama pasanglah bagian dudukan terlebih dahulu.

  • Sambungkan flange kolset dari pipa buangan dnegan kloset. Caranya adalah, rekatkan flange kloset dengan lem di posisi yang tepat sehingga celahnya berada di posisi lurus dengan lubang baut kloset.
  • Lalu tempelkan serta pasang baut yang menghubungkan dudukan kloset dengan flange. Pastikan bahwa dudukan sudah terpasang dengan sempurna. Untuk memastikannya anda bisa coba duduk di atas toilet dan menggoyangkan sedikit ke depan dan belakang.
  • Selain itu, periksa supaya dudukan sudah tidak miring, lalu kencangkan mur dan ring baut kloset.
  • Setelah itu sambungkan tangki air dan dudukan kloset menggunakan mur.
  • Sambungkan saluran air lalu dempul dasar kloset supaya tidak mudah goyang.
  • Pasang Wastafel

Langkah pertama posisikan kaki wastafel supaya pas posisinya.

  • Tandai poisi baut lantai dan buat lubang menembus kaki wastafel dan pasang kaki wastafel ke lantai dengan menggunakan mur serta baut.
  • Lalu sambungkan wastafel dengan saluran air dingin serta saluran air panas. Sambungkan juga keran, stopper, dan lubang buangan di bagian atas wastafel.
  • Kemudian pasang wastafel ke kakinya lalu pasang adaptor pembuangan wastafel ke ulir pipa pembuangan.
  • Sambungkan Bak Dengan Pancuran
  • Pertama-tama tandai bak di lantai supaya anda bisa memperkirakan posisi lubang pembuangan.
  • Lalu tarik saluran pembuangan dan cocokkan dengan lubang buangan bak.
  • Ketika sudah lurus, anda sambungkan saluran pembuangan serta lubang pembuangan.
  • Setelah itu pasang bak dan pastikan sudah tidak miring.

Rekomendasi Pipa PVC Alderon

Nah, bagi anda yang membutuhkan pipa saluran air berkualitas untuk dipasang di rumah, anda bisa coba pilih pipa PVC Alderon. Alderon merupakan salah satu produkĀ  dari PT Unipack Plasindo yang terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas dan sudah teruji tahan lama. Salah satunya adalah pipa PVC berkualitas dengan harga pipa pvc yang kompetitif.

Kelebihan Pipa PVC Alderon

  • Untuk menjamin kualitas produk, Alderon menjalankan Sistem Pengendalian Mutu (Quality Control) yang sangat ketat serta didukung oleh tim yang berpengalaman.
  • Sistem Pengendalian Mutu (Quality Control) akan menjamin kualitas mulai dari pemilihan bahan baku hingga pengiriman produk.