Cara Membuat Ayam Goreng Kremes Sendiri di Rumah

Tentu saja semua orang yang ada di muka bumi ini tidak akan ada yang tidak kenal dengan daging ayam. Seperti yang kita ketahui, bahwa daging ayam merupakan salah satu makanan yang mengandung protein hewani yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Berbicara soal daging ayam, pada dasarnya ada banyak cara pengolahan daging ayam mulai resep ayam goreng, pepes ayam, ayam bumbu kecap, sate ayam, dan ayam kremes. Dari sekian banyaknya cara pengolahan daging ayam, baru-baru in ayam kremeslah yang sedang hits dikalangan para pecinta daging ayam.

Mengenai rasanya, memang sudah tidak perlu diragukan lagi akan kelezatan dari ayam kremes. Bahkan, orang-orang penganut vegetarian saja kerap tergoda oleh kelezatan ayam kremes. Mengapa dinamakan ayam kremes ? Pasalnya, daging ayam yang satu ini memiliki tekstur renyah sehingga akan menimbulkan bunyi kremes-kremes saat kita memakannya. Itu sebabnya, mengapa ia dinamakan dengan ayam kremes. Terlepas dari semua hal itu, mungkin diantara kalian ada yang penasaran tentang cara membuat ayam kremes dengan tangan sendiri. Jika kalian memang ingin membuatnya sendiri, berikut dibawah ini ada resep dan cara membuat ayam kremes.

Bahan-bahan Yang Harus Dipersiapkan :

– 1 kg ayam kampung

– 500 ml santan kelapa

– 2 lembar daun salam (memarkan)

– 2 batang serai (memarkan)

Bahan-bahan Bumbu Halus :

– 5 siung bawang merah

– 4 siung bawang putih

– ½ sdm ketumbar

– 2 cm kunyit

– ½ sdm garam

– 1 sdt bumbu penyedap rasa ayam

– 1 sdt gula pasir

Bahan-bahan Bumbu Kremes :

– 350 ml air rebusan daging ayam

– 3 sdm tepung beras

Cara Membuatnya :

  1. Cuci daging ayamnya sampai bersih kemudian masukkan kedalam panci yang disusul dengan bumbu halus, santan kelapa, batang serai, dan daun salam.
  2. Selanjutnya rebus dengan api kecil hingga matang, namun diusahakan air rebusannya jangan sampai surut dan sisakan sebanyak 350 ml atau setara dengan 1 gelas.
  3. Berikutnya saring sisa air rebusan ayam, dan taburkan tepung berasnya sambil diaduk-aduk.
  4. Gulirkan daging ayam diatas adonan kremes, kemudian goreng ayamnya hingga warnanya kecokelat-cokelatan lalu tiriskan.
  5. Goreng lagi sisa adonan kremesnya, kemudian taburkan keatas ayam yang sudah digoreng tadi.
  6. Ayam goreng kremes siap disantap.