Ini dia Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui

5 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui - Ragam Bola.com

Daun Afrika mungkin masih terdengar asing bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Namun, tanaman yang memiliki nama latin Vernonia amygdalina ini belakangan mulai banyak dikembangkan di Indonesia karena diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Sesuai dengan namanya, tanaman ini berasal dari Afrika. Dengan rasanya yang cukup pahit sehingga membuat tanaman ini disebut juga sebagai bitter leaf. Di benua asalnya di Afrika, tanaman ini seringkali digunakan sebagai pengobatan tradisional atau obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, mulai dari cacingan, infeksi bakteri, malaria, penyakit hati, ginjal, diabetes, hingga gangguan pencernaan seperti mual dan diare. Cara menggunakan daun Afrika ini bisa dikonsumsi secara langsung, dimasak, atau direbus, kemudian diminum air rebusannya. 

Kandungan Daun Afrika

Daun Afrika ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Adapun beberapa kandungan nutrisi pada daun Afrika ini adalah sebagai berikut seperti yang dikutip dari berita hari ini:

  • Protein
  • Serat
  • Karbohidrat kompleks
  • Vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamian E
  • Mineral, seperti magnesium, kalium, fosfor, kalsium, selenium, zinc, dan zat besi
  • Selain itu, tanaman ini juga mengandung banyak antioksidan flavonoid

Cara Menggunakan Daun Afrika

Untuk bisa menggunakan daun Afrika sebagai obat herbal, kamu perlu mengekstraknya terlebih dahulu, dengan cara sebagai berikut : Daun yang sudah matang dicuci secara menyeluruh hingga bersih. Lalu masukkan ke blender atau juicer dengan air biasa. Blender hingga tergiling rata. Lalu gunakan saringan ketat atau kain tipis, saring ekstraknya. Ekstrak daun Afrika siap dikonsumi.

Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa daun Afrika memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa manfaat daun Afrika untuk kesehatan selengkapnya :

  1. Mengurangi Sakit Perut

Manfaat daun Afrika untuk kesehatan yang pertama adalah mengurangi sakit perut. Sakit perut ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti gangguan pencernaan setelah makan, kram menstruasi, intoleransi laktosa, hernia perut, atau pankreatitis. 

Nah, untuk mengatasi hal tersebut anda bisa coba menggunakan daun Afrika. Sebab, tanaman yang satu ini mengandung khasiat tertentu yang dapat membantu meredakan sakit perut. Bahkan, di Nigeria daun Afrika ini digunakan sebagai obat kuat dan efektif untuk meredakan sakit perut. 

Untuk mengatasi sakit perut, anda cukup dengan mengunyah batangnya yang lembut, lalu ditelan. Atau bisa juga dengan mengekstraknya terlebih dahulu yang ditambahkan sengan sejumput garam.

  1. Melawan Pneumonia

Manfaat daun Afrika untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk melawan pneumonia. Penumonia sendiri adalah suatu penyakit radang paru-paru yang bisa menyebabkan kesulitan benapas, demam, menggigil, batuk berdahak, dan lain sebagainya. Adapun penyebab dari infeksi ini adalah bakteri, virus, dan jamur. 

Tanaman Vernonia amygdalina ini mengandung beberapa sifat ampuh yang bisa membanti memerangi kondisi pnemonia serta meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

  1. Obat Diabetes

Manfaat daun Afrika untuk kesehatan lainnya adalah sebagai obat diabetes. Pasalnya, daun Afrika ini mampu menurunkan gula darah dengan merangsang penggunaan glukosa dalam tubuh, dan mencegah produksi glukosa melalui proses yang disebut ‘glukoneogenesis’. 

Selain itu, daun Afrika juga bermanfaat untuk membantu mengurangi kerusakan ginjal sekaligus dapat mengembalikan fungsi ginjal pada penderita diabetes. 

Demikianlah artikel kali ini tentang manfaat daun Afrika untuk kesehatan. Jadi, bagi anda yang mengobati berbagai macam penyakit secara herbal atau alami, anda bisa coba menggunakan daun Afrika ini.