Kian Populer, ini Cara Merawat Aglaonema yang Benar

5 Rekomendasi Jenis Aglonema Bercorak Merah Muda yang Menawan

Berbicara tentang tanaman hias daun yang terlintas pertama adalah nama Aglaonema. Tidak heran karena tanaman tersebut memang kerap menjadi perbincangan belakangan ini. Kepopuleran Aglaonema sebagai tanaman hias yang banyak diburu bahkan dibanderol dengan harga yang fantastis.

Sebenarnya Aglaonema bukan tanaman baru, masyarakat lebih mengenalnya dengan nama sri rezeki ada juga yang menyebut chinese green. Tanaman ini sudah dijadikan jenis tanaman indoor karena memang daunnya yang cantik. Daunnya menyirip dan memiliki varian warna yang beragam.

Cara Merawat Tanaman Hias Daun Aglaonema

Bagi yang sudah lama merawat tanaman Aglaonema pasti mengatakan mudah, namun bagi yang baru-baru ini mulai menananya mungkin mengalami kesulitan. Kendala yang sering dialami daun yang tiba-tiba layu dan menguning padahal rajin disiram. Lantas bagaimana cara merawatnya? Berikut cara merawat Aglaonema yang benar

  • Hindari sinar matahari langsung

Aglaonema berasal dari hutan tropis, ia tumbuh di bawah pepohonan yang melindungi dari sinar matahari. Karenanya tanaman ini lebih subur ditempatkan di tempat teduh dan udara yang sejuk. Anda bisa meletakkannya di bawah pohon atau teras rumah yang terlindung dari cahaya matahari.

Selain sinar matahari, tanaman ini juga lebih baik tidak terkena guyuran air hujan langsung. Hujan yang deras bisa membuat tanaman ini roboh dan frekuensi air terlalu banyak tidak baik untuk batang dan akar tanaman.

  • Frekuensi penyiraman yang benar

Menyiram tanaman Aglaonema setiap hari namun tanaman justru mati, tentu saja karena akar dan batang akan membusuk jika terlalu banyak mendapat air. Meski Aglaonema termasuk tanaman yang suka kesejukan dan lembab bukan berarti disiram setiap hari. Sebaliknya jika tanaman tidak disiram hingga kering juga membuatnya menjadi mati.

Penyiraman yang tepat adalah memastikan suplai air dan nutrisi untuk tanaman cukup. Siram dengan frekuensi waktu 2 atau 3 hari sekali dengan memastikan tanah tetap basah. Menabahkan unsur hara juga baik untuk menjaga kelembabannya.

  • Merawat keindahannyaa

Setelah memastikan penyiraman dan kebutuhan cahaya sudah tepat, rawat Aglaonema agar terjaga keindahannya. Caranya sederhana sama dengan tanaman hias lain yakni dengan memangkas daun yang menguning dan layu agar tersisa daun yang indah. Sesekali mengelap daun Aglaonema bisa dilakukan agar lebih terlihat indah dan terhindari dari penyakit tanaman.

Selain itu membersihkan tanaman pengganggu atau gulma di media taman Aglaonema juga perlu dilakukan. Hal tersebut agar suplai udara dan nutrisi tanah tidak terbagi dengan tanaman lain. Sering-sering memeriksa tanaman pengganggu agar tidak sampa tumbuh besar.

  • Kembang biak tanaman Aglaonema

Selanjutnya saat yang ditunggu ketika Aglaonema telah mulai tumbuh tunas baru di sebelah tanaman induk. Artinya Anda bisa mendapatkan tanaman baru untuk memperbanyak Aglaonema yang cantik. Cara agar Aglaonema dapat tumbuh tunas dengan memastikan media tanam atau tanah gembur. Sebab tanah yang keras membuat tunas sulit untuk tumbuh.

Cara menggemburkan tanah bisa dengan mengganti media tanam yang sudah mengeras dengan yang baru. Atau bisa juga menggemburkannya secara manual, menggunakan alat atau langsung dengan tangan. Pengemburan ini dilakukan minimal sekali dalam satu bulan untuk hasil labih baik.

Demikian cara merawat tanaman hias daun Aglaonema dengan cara yang baik dan benar. Ingat jangan sampai salah, mengingat harga Aglaonema saat ini cukup mahal, jangan sampai Aglaonema Anda mati karena salah dalam perawatan.