Motor Listrik Yang Keren-Keren

Sekarang ini motor listrik mulai menunjukkan eksistensinya di pasar otomotif Indonesia. Hal ini bisa dilihat dengan semakin banyaknya berbagai produk motor listrik yang hadir di pasaran Indonesia. Berikut ini 5 motor listrik yang keren-keren :

  1. Viar Q1

Viar Q1 ini merupakan hasil kerjasama antara Viar dengan Bosch, merek otomotif asal Jerman. Motor listrik Via Q1 ini resmi diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 yang lalu. Berbeda dengan generasi sebelumnya, motor listrik Viar Q1 ini telah dibekali baterai dengan kualitas yang lebih baik, yakni dua buah baterai Lithium Ion dengan kapasitas masing-masing sebesar 60V 23Ah. Kedua baterai ini diklaim mampu bertahan hingga jarak tempuh 120 km atau dua kali lipat dari Viar Q1 model yang pertama. 

  1. EC-GO2

EC-GO2 ini merupakan motor listrik yang dibawa oleh PT Green City Traffic (GCT). Motor listrik yang satu ini diklaim bisa menempuh jarak jauh hingga 80 km dalam sekali isi. Selain itu, motor listrik juga dapat melewati genangan air setinggi 30 cm. Bukan hanya itu, pihak GCT juga telah menyematkan fitur-fitur terkini pada motor listrik ini. Misalnya GPS dan aplikasi pada smartphone yang bisa memonitor informasi sepeda motor tentang baterai, suhu kendaraan, lokasi GPS, kecepatan, dan data lokasi pengisian baterai di luar yang sudah terkoneksi dengan BMS (Battery Management System). 

  1. Honda PCX Electric

Honda PCX Electric ini merupakan hasil produksi PT Honda Astra Motor (AHM) yang telah dibekali 2 baterai lithium-ion dengan masing-masing berkapasitas 50,4V. Dengan adanya kedua baterai tersebut PCX Electric mampu menghasilkan tenaga sebesar 4,2 KW pada 5.500 Rpm dengan daya tempuh 69 km dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam jika baterai terisi penuh. 

Selain itu, sistem pengisiannya juga bisa dilakukan dengan dua cara, yakni colok atau ke stop kontak yang membutuhkan waktu pengisan kurang lebih 6 jam (dari kosong hingga penuh) dan swap system. Jika dilihat dari segi desain, motor listrik ini memiliki tampilan yang sama dengan PCX standar. Namun, pada bagian belakang motor listrik ini memiliki tampilan yang sedikit berbeda. Bukan hanya itu, terdapat aksen biru di beberapa area bodi. Ditambah dengan lampu utama, sein, dyatime running light, dan stop lamp yang menggunakan teknologi LED. 

  1. Gesits

Perlu diketahui bahwa sepeda motor listrik Gesits ini merupakan proyek kolaborasi antara Garasindo dengan Instintut Sepeuluh Nopember (ITS). Konon, Gesits ini sudah melewati proses pengembangan sejak 2015 yang lalu. Lalu, pada ajang Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2019, motor listrik ini akhirnya resmi diluncurkan. 

Dari segi desain, motor listrik Gesits ini tidak jauh berbeda dengan desain motor matik yang berbahan bakar bensin, bahkan lebih mirip dengan Vario 124. Dari bagian depan, nampak terlihat desain meruncing dengan lampu utama HID Projection berteknologi LED yang dibentuk sipit dan Day Running Light DRL) pada sisi kiri dan kanannya. Selain itu, motor listrik Gesits ini juga dibekali dengan baterai Lithium Ion NMC (nickel-manganese-cobalt) dengan spesifikasi 72V 20A. Jika baterai dalam keadaan penuh, maka motor listrik yang satu ini mampu berjalan sejauh 70 km.

  1. Selis E-Max

Motor listrik Selis E-Max ini diperuntukkan untuk digunakan di lingkungan sekitar rumah atau jarak yang tidak terlalu jauh. Dimana, jarak tempuh maksimalnya hanya 40 km dengan kecepatan tertinggi 50 km/jam. Motor penggeraknya sendiri memiliki kemampuan sebesar 1.200 watt. Selain itu, Selis E-Max ini juga telah dibekali baterai dengan spesifikasi 60 volt 20 ampere. Untuk mengisi baterai sampai penuh membutuhkan waktu kurang lebih 4-6 jam.